Selasa, 09 Juni 2015

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Merupakan taman nasional di Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha.
Pada taman nasional Bromo Tengger Semeru tersebut hidup beberapa flora dan fauna yang jarang kita temui.
untuk flora yakni pohon yang besar dan berusia ratusan tahun antara lain cemara gunung, jamuju, edelweis, berbagai jenis anggrek dan rumput langka.
untuk fauna yakni terdapat terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptilia di taman nasional ini.Dan hewan langka yang di lindungi diantaranya adalah luwak (Pardofelis marmorata), rusa (Cervus timorensis), kera ekor panjang (Macaca fascicularis), kijang (Muntiacus muntjak), ayam hutan merah (Gallus gallus), macan tutul (Panthera pardus), ajag (Cuon alpinus); dan berbagai jenis burung seperti burung alap-alap (Accipiter virgatus), rangkong (Buceros rhinoceros silvestris), elang ular bido (Spilornis cheela bido), srigunting hitam (Dicrurus macrocercus), elang bondol (Haliastur indus), dan belibis yang hidup di Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo.
Selain menyuguhkan keindahan flora dan faunanya, taman nasional Bromo Tengger semeru juga menghadirkan pesona alam yang juga indah yakni terdapat beberapa objek wisata yang sangat terkenal yaitu Gunung Semeru dan Gunung Bromo beserta pegunungan di sekitarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar